Jumat, 12 Juni 2015

SOAL MANAJEMEN PEMASARAN



PEMASARAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran! Menurut Anda mengapa pemasaran penting bagi masyarakat?
  2. Sebutkan  fungsi-fungsi pemasaran serta jelaskan masing-masing fungsi tersebut!
  3. Dalam proses manajemen pemasaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses manajemen pemasaran tersebut!
  4. Dalam konsep pemasaran, terdapat orientasi pemasaran yang meliputi orientasi  produksi, orientasi produk, orientasi pemasaran, dan orientasi pemasaran holistik. Apakah masing-masing orientasi tersebut bisa berjalan bersamaan?
  5. Banyak orang yang menyamakan antara penjualan (selling) dan pemasaran (marketing), padahal dua hal itu berbeda pelaksanaannya. Jelaskan perbedaannya!

SISTEM PEMASARAN, LINGKUNGAN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSAINGAN BISNIS

  1. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi pemasaran yang telah dibuat. Sebut dan jelaskan faktor-faktor tersebut!
  2. Salah satu faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah lingkungan mikro perusahaan. Apakah yang dimaksud dengan lingkungan mikro perusahaan?
  3. Budaya lokal merupakan aspek penting dalam memengaruhi perilaku konsumen. Bagaimana budaya lokal dipahami oleh pemasar dan  bagaimana aplikasinya dalam mengembangkan strategi pemasaran?
  4. Strategi apa yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan apabila ia menduduki sebagai market leader?
  5. Sebut dan jelaskan 5 strategi penyerangan yang dapat dilakukan oleh market challenger!

SEGMENTASI, PRODUK PASAR DAN POSITIONING PRODUK

  1. Segmentasi pasar sangat penting bagi perusahaan. Apa yang melatarbelakangi pentingnya segmentasi bagi perusahaan?
  2. Setiap perusahaan harus memilih segmentasi pasar yang tepat. Menurut Anda mengapa perusahaan harus melakukan pemilihan segmentasi pasar?
  3. Dalam penetapan segmentasi pasar, perusahaan memperhatikan berbagai hal. Menurut Anda apa yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam penetapan segmentasi pasar?Berikan contohnya!
  4. Perusahaan harus mempertimbangkan berbagai hal sebelum memilih strategi pencakupan pasar. Sebutkan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum memilih strategi pencakupan pasar?

PEMAHAMAN KONSEP DAN STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN
  1. Memelihara konsumen dalam jangka panjang membutuhkan suatu strategi tersendiri. Bagaimana perusahaan seharusnya mengelola konsumennya?
  2. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen!
  3. Keputusan membeli pada dasarnya berkaitan dengan “mengapa” dan “bagaimana” tingkah laku konsumen. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli konsumen!
  4. Sebut dan jelaskan tahapan-tahapan dalam proses pembelian!
  5. Uraikanlah perbedaan antara kepercayaan, nilai – nilai, dan kebiasaan. Jelaskanlah bagaimana pakaian yang dipakai seseorang pada waktu yang berbeda atau untuk kesempatan yang berbeda dipengaruhi oleh kebiasaan?

  1. Sebutkan dan Jelaskan cara – cara pengembangan produk baru!
  2. Sebutkan macam-macam alternatif strategi produk mix?
  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan merk dan sebutkan jenis-jenis merk berdasarkan tujuan produk!
  4. Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam memberikan kemasan suatu produk!
  5. Sebut dan jelaskan dimensi kualitas produk yang berupa barang
  1. Sebut dan jelaskan strategi penentuan harga yang mempengaruhi psikologis konsumen!
  2. Ada berbagai cara dalam menetapkan harga suatu produk, namun apapun cara yang digunakan produsen harus memperhatikan faktor-faktor situasional, apa saja faktor-faktor situasional yang harus diperhatikan produsen dalam menetapkan harga?
  3. Sebut dan jelaskan metode-metode yang dapat digunakan dalam penetapan harga jual!
  4. Strategi penjualan produk dengan iming-iming diskon kini mulai marak diberbagai toko. Menurut Anda apa yang mendasari penjual untuk menerapkan strategi potongan harga?
  5. Bagaimana langkah-langkah yang dilakukan oleh perusahaan dalam penetapan harga?


  1. Apa yang dimaksud dengan promosi? Sebutkan pula tujuan-tujuan dari promosi!
  2. Salah satu tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan pembelian ulang. Menurut  anda cara efektif apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelian ulang konsumen?
  3. Menurut Anda, kapan sebaiknya iklan diutamakan dalam perpaduan promosi?
  4. Strategi marketing yang perfect tentu sudah membekali tim yang secara langsung dalam proses personnal selling dengan antisipasi lapangan dan taktik membujuk yang relevan, sopan dan efektif. Namun masyarakat tetap saja boleh menolak, karena secara umum, budaya, kemampuan dalam masyarakat mampu mempengaruhi keputusan. Apa saja alasan yang mendasari masyarakat menolak suatu produk atau layanan?


  1. Untuk  mendapatkan keuntungan yang lebih besar diperlukan strategi ditribusi yang tepat untuk menyalurkan barang atau jasa dagangannya ke tangan konsumen. Sebutkan dan jelaskan strategi distribusi apa sajakah yang dapat digunakan produsen untuk menyalurkan dagangannya?
  2. Sebutkan dan jelaskan efisiensi-efisiensi yang didapat dari adanya saluran pemasaran yang menggunakan berbagai perantara khusus!
  3. Jelaskan mengenai saluran distribusi dan sebutkan macam-macamnya!
  4. Saluran distribusi sangat dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen, maka keadaan pasar ini merupakan faktor penentu dalam pemilihan saluran. Sebutkan faktor-faktor yang berasal dari pasar yang harus diperhatikan dalam penetapan saluran distribusi!
  5. Sebut dan jelaskan bentuk dasar dari pengembangan sistem pemasaran vertikal!